Minggu, 18 Oktober 2009

Yuk, Kenali Gejala Stres Anda!



STRES telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Dapat menyerang siapa, kapan dan di mana saja. Pemicunya beragam, mulai dari kemacetan lalu lintas, pekerjaan menumpuk, masalah dalam keluarga, dan keuangan.

Selama ini, stres identik dengan kondisi negatif. Namun, tak selamanya stigma tersebut melekat. Stres sendiri sebenarnya bukanlah penyakit, tetapi merupakan respons tubuh dan pikiran terhadap tekanan (stressor). Stres adalah suatu kondisi ketika keadaan tubuh terganggu karena tekanan psikologis.

Namun, stres tingkat ringan malah bermanfaat bagi tubuh. Jangan langsung mengernyitkan dahi. Sebab dalam batas tertentu stres dapat meningkatkan fungsi fisik dan mental.

"Stres ringan dapat meningkatkan vitalitas dan membantu memfokuskan perhatian dalam beraktivitas," jelas Donald R Rhodes Jr MD, Medical Director Departement of Community Health National Naval Medical Center.

Gejala seseorang mengalami stres pada dasarnya dapat dibagi dalam tiga kategori yakni berdasarkan fisik, psikologis, dan perilaku.

Ciri yang berhubungan dengan fisik misalnya sakit di bagian kepala, perut dan belakang badan, gangguan pencernaan, tangan berkeringat, bahu atau leher tegang, serta jantung berdegup kencang. Sedangkan ciri yang berhubungan dengan perilaku ditandai dengan insomnia, cepat lelah, nafsu makan berubah, cepat marah, cepat resah, ataupun sedih tanpa sebab yang jelas.

Untuk gejala stres yang berhubungan dengan psikologis. Terlihat pada gangguan konsentrasi Anda, sering lupa, kurang kreatif, kurang percaya diri atau sulit menyesuaikan diri dengan kondisi sekitar.

Apabila seseorang mengalami stres terus menerus, hal ini dapat berpengaruh pada kondisi serta kesehatan tubuh. Stres berkepanjangan dipercaya dapat menyebabkan tekanan darah naik, fatigue, penurunan gairah seksual, sakit seluruh badan, depresi, kenaikan, ataupun penurunan berat badan secara drastis.

Bahkan yang lebih buruk, dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung, serta beragam penyakit ganas lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar