Minggu, 18 April 2010

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN















1. Fase Awal Pengembangan Sistem
Fase awal pengembangan sistem mengutamakan kemampuan pemakai dalam mengoperasikannya. Fase awal terdiri dari :


• Perencanaan sistem


• Analisis sistem


• Perancangan sistem secara umum/konseptual


• Evaluasi dan seleksi sistem




1.1 Fase Perencanaan Sistem



1.1.1 Latar Belakang Pengembangan Sistem


lmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan secara dinamis salah satu hasil perkembangan teknologi adalah komputer sebagai alat bantu manusia yang memiliki kelebihan diantaranya kecepatan, keakuratan serta efisiensi pengolahan data dibandingkan dengan sistem manual. Pengolahan data menjadi informasi inilah yang menjadi kelebihan komputer dan telah merambah dalam berbagai segmen, baik di dalam dunia bisnis maupun dunia pendidikan. Ketentuannya kompetisi pada dunia pendidikan telah menciptakan persaingan yang ketat antara sekolah yang satu dengan yang lainnya. Sehingga perkembangan teknologi harus diikuti oleh pengelolahan instalasi pendidikan.

Sistem informasi perpustakaan merupakan sistem yang sangat vital, karena digunakan untuk pemecahan masalah, penyediaan informasi, pelayanan informasi, serta pemantauan terhadap arus pustaka yang masuk maupun keluar sehingga sirkulasi pustaka yang ada dapat berjalan dengan lancar dan terkontrol. Hasil sistem informasi berdasarkan komputer akan mempunyai nilai lebih dari pada sistem yang diolah secara manual.


Sistem informasi sirkulasi perpustakaan diartikan sebagai sistem pengolahan data yang meliputi pengumpulan data, manipulasi data dan persiapan dokumen untuk pengambilan keputusan.



1.1.2 Tujuan Dari Pengembangan Sistem


Tujuan dari pengembangan sistem ini adalah memudahkan kegiatan pendaftaran calon anggota, memudahkan para pelaku perpustakaan dalam pengelolaan data, maupun pencarian data,menjamin kemanan data.




1.1.3 Batasan Masalah


Dalam pengembangan sistem ini, penulis membatasi posting ini hanya menjelaskan tentang implementasi dan security saja.





1.1.4 Studi Faktor Kelayakan


• Kelayakan Teknis


Perancangan Sistem Informasi tentang penjualan kendaraan ini tidak begitu membutuhkan spesifikasi computer yang canggih, perancangan ini membutuhkan spesifikasi berstandar seperti.


OS Windows XP atauVISTA


128MB RAM


1GB HDD


Video Card 64MB





• Kelayakan Ekonomis


Sistem ini mempunyai nilai yang ekonomis, karena tidak terlalu berorintasi pada hardware yang canggih dan operator yang mempunyai keahlian khusus, jadi banyak biaya yang dapat di kurangi dengan memakai sistem ini seperti : biaya merekrut tenaga ahli, biaya perangkat lunak dan perangat keras yang dipakai.


• Kelayakan Legal


Pada sistem perpustakaan ini tidak menimbulkan konflik antara sistem yang sedang dipertimbangkan dengan kemampuan perusahaan untuk melaksanakan kewajibannya, karena dalam perancangan sistem ini membutuhkan biaya yang besar.


• Kelayakan Operasional


Pada sistem ini, prosedur dan keahlian pegawai sudah cukup untuk mengoperasikan sistem yang dirancang untuk kesuksesan sistem ini.


• Kelayakan Rencana


Pada sistem ini hanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk membuat sepenuhnya sistem ini dapat dioperasikan.





1.1.5 Studi Faktor Strategis


Produktivitas


Pada sistem ini, tidak membutuhkan banyak biaya, karena hanya membutuhkan minimal 1 server komputer untuk mengoperasikan sistem tersebut dalam kegiatan nyata. Dan pada tahap ini perancang sistem bisa menghilangkan atau mengurangi biaya tambahan yang tidak berarti.





Diferensiasi


Dengan adanya sistem ini pelayanan berbasis komputerisasi, pelayanan yang diberikan akan lebih cepat, proses lebih mudah untuk dilaksanakan, proses pembagian lebih terstruktur, lebih mudah dan cepat.





Manajamen


Pada perancangan ini dapat menyediakan informasi yang berguna bagi para pelaku perpustakaan dengan mudah, cepat dan akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar