Kamis, 17 Desember 2009

WHAT IS TOEFL

1. Apa sih TOEFL Test itu?

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah test bahasa Inggris yang diciptakan dan dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service) di New Jersey, USA sejak tahun 1963. Test ini digunakan untuk mengukur kecakapan (proficiency) berbahasa Inggris seseorang dalam konteks akademis. Apa saja kegunaan dari TOEFL Score?

2. Apa saja kegunaan TOEFL Score?

TOEFL Score biasa digunakan sebagai pra syarat untuk mendaftar ke Sekolah Menengah Atas dan Universitas di dalam dan di luar negeri, juga untuk syarat memperoleh beasiswa. Tetapi TOEFL Score kini tidak hanya diperlukan di dalam lingkungan akademis, tapi juga di beberapa instansi kerja swasta dan negeri di dalam dan di luar negeri sebagai pra syarat bagi para pelamar kerja maupun untuk kenaikan jabatan atau promosi.

3. Ada berapa macam bentuk TOEFL Test?

TOEFL Test yang dikeluarkan oleh ETS, ada 3 (tiga) bentuk.

a. PBT Computer Based Test) TOEFL
c. iBT (Paper Based Test) TOEFL
b. CBT ((internet Based Test) TOEFL

4. Apa saja perbedaan dari semua bentuk TOEFL Test tersebut?

a. PBT (Paper Based Test) TOEFL

PBT-TOEFL adalah bentuk TOEFL Test yang pertama kali dikeluarkan oleh ETS. Sistem test pada PBT-TOEFL menggunakan paper atau lembaran-lembaran kertas soal dan lembar jawaban yang harus diisi dengan pensil 2B.

Materi yang diujikan adalah Listening, Structure, dan Reading dengan score range 310 – 677. Lama waktu test adalah 2 – 2,5 jam. Sejak April 2006, PBT-TOEFL ditiadakan di Indonesia dan tidak berlaku lagi sebagai standar International TOEFL Test.

b. CBT (Computer Based Test) TOEFL

CBT-TOEFL adalah bentuk kedua, menggantikan PBT-TOEFL. Sistem test CBT-TOEFL tidak lagi menggunakan paper, tapi langsung dengan computer. Semua soal menggunakan softwere dan setiap soal langsung dijawab / dikerjakan di computer. CBT pertama kali dikeluarkan pada tahun 1998. Namun di beberapa negara di Asia, khususnya Indonesia masih diperkenankan untuk menggunakan PBT (ITP-TOEFL) sebagai standar International TOEFL Test. Sehingga pamor CBT di Indonesia sangat minim. Bahkan hingga sekarang masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui apa itu CBT-TOEFL.

Materi yang diujikan adalah Listening, Structur, Reading dan Writing dengan score range 0 – 300. Lama waktu test adalah 2 – 2,5 jam.

c. iBT (internet Based Test) TOEFL

iBT-TOEFL atau yang juga dikenal dengan Next Generation (NG) TOEFL adalah bentuk TOEFL Test terbaru yang dikeluarkan ETS dan mulai diperkenalkan sejak tahun 2005, tetapi di Indonesia, baru mulai diberlakukan sejak tahun 2006 sebagai standar International TOEFL Test yang diakui di dunia. ETS banyak melakukan perubahan pada format dan system TOEFL Test terbaru ini. iBT-TOEFL juga menggunakan media computer, hanya saja system test pada iBT menggunakan internet. Dengan demikian peserta test langsung on-line dengan ETS dan menjawab soal-soal test juga secara on-line.

Materi test yang diujikan adalah Reading, Listening, Speaking dan Writing, sedangkan Structure bukan berarti hilang, akan tetapi melebur dalam 4 (empat) kesatuan materi test yang diujikan tersebut.

Jenis soal yang dikeluarkan pada iBT-TOEFL Test tidak hanya Individual Test, tetapi juga ada Integrated Test, yaitu kombinasi soal dan cara menjawab. Misalnya: akan muncul 2 (dua) materi soal test, yaitu sebuah paragraph (reading) diikuti dengan penjelasan seorang instructor tentang paragraph tersebut (listening) dalam tiap 1 (satu) soal. Lama waktu test adalah 4 jam.

Score range iBT-TOEFL adalah 0 – 120

5. Apa sih ITP – TOEFL Test?

ITP-TOEFL adalah jenis test yang dikeluarkan ETS khusus untuk wilayah Asia, terutama Indonesia. ITP (Institutional Test Program) TOEFL score bersifat institutional, artinya hanya untuk penggunaan institusi tertentu atau wilayah lokal tertentu khususnya di Indonesia. Bentuk test menggunakan PBT.

6. Apakah yang dimaksud dengan International / Official TOEFL Test?

International / Official TOEFL Test adalah jenis TOEFL Test yang dikeluarkan langsung oleh ETS. Istilah International / Official diperkenalkan oleh beberapa lembaga TOEFL Test, untuk membedakan antara TOEFL Test yang langsung dikeluarkan oleh ETS dan TOEFL Test yang dikeluarkan oleh lembaga selain ETS.

7. Apabila saya ingin ke Luar Negeri, TOEFL Test yang bagaimana yang harus saya jalani? Berapa biaya testnya?

Score TOEFL yang berlaku di dunia tentu saja score iBT-TOEFL Test yang saat ini berlaku di dunia. Biaya test iBT-TOEFL test kini adalah $ 150

8. Kalau saya sudah pernah menjalani TOEFL Test, tapi yang PBT, apakah bisa diterima di luar negeri?

Tergantung pada persyaratan yang diminta oleh institusi tersebut dan test PBT yang anda ikuti. Apakah ITP-TOEFL dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh ETS? Kalau bukan ETS, berarti tidak mungkin diterima. Begitu pula jika persyaratan yang diminta bukan ITP-TOEFL score melainkan iBT-TOEFL score, tentu saja ITP-TOEFL score tidak berlaku.

9. Berapa standar TOEFL score minimal rata-rata untuk melanjutkan studi ke Luar Negeri?

Standar minimal TOEFL score yang diberlakukan di berbagai institusi di luar negeri beragam. Standar TOEFL score minimal bisa berbeda-beda pada tiap institusi. Tapi, secara umum TOEFL score minimal yang disyaratkan berkisar antara iBT 80 – 92 atau jika di equivalentkan ke PBT berkisar antara 550 – 580.

Berikut ini adalah lampiran TOTAL TOEFL RANGE SCORE COMPARISON TABLE. Tabel ini bisa dipakai sebagai acuan perbandingan Range Score antara PBT-CBT-iBT.

Total TOEFL Range Score Comparison

Untuk Informasi lebih detail mengenai perbandingan TOEFL Total SCore dapat anda ketahui di kantor ILC.

10. Berapa lama jangka waktu berlakunya sertifikat International TOEFL Score?

iBT-TOEFL Score Certificate berlaku 2 tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar